AADS: Ada Apa Dengan Spiderman?


The Avengers, sebuah tim yang terdiri dari superhero komik Marvel yang dibentuk untuk melindungi bumi dari berbagai ancaman. Diadaptasi dari komik Marvel yang terbit pertama kali pada 1963 dengan judul The Avengers, tayang pertama kali di layar lebar pada 2012. Pada versi komiknya, hampir seluruh superhero tergabung dalam The Avengers. Namun pada versi layar lebar, hanya ada 7 superhero marvel, yaitu Captain America, Iron Man, Hulk, Thor, Nick Fury, Hawkeye dan Blackwidow. Para penggemar komik marvel pun mulai betanya - tanya, bagaimana dengan Spiderman? Spiderman yang sudah lebih dulu diadaptasikan ke layar lebar kenapa tidak ikut beraksi di The Avengers? Hingga di sekuel Avengers: Age of Ultron pun, Spiderman masih belum beraksi juga. Hal ini disebabkan karena karakter Spiderman dalam film dimiliki oleh Sony Picture, sehingga Spiderman tidak bisa ikut beraksi di The Avengers yang diproduksi oleh Marvel Studio/ Marvel Cinematic Universe. Pada awal 2015, Sony Picture dan Marvel Cinematic Universe (MCU) bekerja sama untuk menampilkan Spiderman dalam The Avengers maupun dalam film - film solo para anggotanya.

Si manusia laba laba "Spidey" dikabarkan akan muncul pertama kalinya dalam MCU di film Captain America: Civil War. Ceritanya dimulai saat Avengers: Age of Ultron berakhir. Steve Rogers (Capt. America) menjadi pemimpin dari tim baru Avengers sebagai upaya kumpulan superhero ini menjaga perdamaian di Bumi. Setelah terjadi lagi sebuah insiden internasional yang melibatkan superhero Avengers, mereka membuat petaka yang tak diinginkan, tekanan politik memuncak untuk membuat sebuah sistem yang mengatur kerja para superhero ini. Sebuah lembaga juga dibentuk untuk mengatur kapan saja superhero dibutuhkan untuk bekerja. Dengan status tersebut mungkin akan mempersulit Avengers yang tengah berusaha untuk melindungi dunia, dan menciptakan dunia menjadi damai. Sedangkan di sisi lain Tony Stark (Iron Man) akan melawan keputusan yang diambil oleh si Captain. Perlawanan tersebut disebabkan kerena adanya perseteruan dan Undang-Undang yang diberikan kepada Superhero untuk orang yang mempunyai kemampuan super agar mengungkapkan identitas mereka kepada pemerintah AS. Dari situlah kenapa mereka berdua berselisish, karena Stark mendukung program dari pemerintah ini, sedangkan Rogers tidak mensetujuinya karena akan mengancam kebebasan pahlawan super hero tersebut.
Marvel merilis trailer kedua untuk Captain America Civil War pada 10 Maret lalu dan sudah disaksikan oleh 30,5 juta viewer. Pada akhir trailer tersebut Spidey muncul ketika kubu Rogers dan Stark saling berhadapan. Spidey muncul dan langsung merebut tameng sang Captain dan menyapa, "hey, everyone!"
Spiderman In Civil War
Hey Everyone!

Kemunculan Spidey menimbulkan berbagai pertanyaan para penggemar Marvel. Apa yang dilakukan Spidey disini? Wiih kostumnya baru ya? Wiih matanya bisa kedip sekarang ya? Ada apa dengan Spiderman?


Siapa di balik Topeng Spiderman?

Spiderman In Civil War
Tom Holland akan tampil sebagai Spider-Man di Captain America: Civil War
foto: omegaunderground.com
Kurang suksesnya Andrew Garfield memerankan sosok spidey pada kedua sekuel Amazing Spiderman, yang akhirnya membuat Sony Picture bekerja sama dengan Marvel Studio untuk menampilkan sosok Spidey yang lebih baik lagi. Marvel sudah menghendaki Tom Holland untuk bermain sebagai Peter Parker di sekuel Captain America ini. Artis muda yang diprediksi akan naik daun ini juga mebuktikan kelayakannya memerankan Spidey. Dua pekan lalu ia mengunggah atraksi akrobatiknya pada akun instagramnya.



Kostum Baru

Spiderman In Civil War

Menurutku kostum baru Spiderman ini agak aneh. Karena sebagian besar kostum Spiderman untuk layar lebar lebih menonjolkan tekstur jaring- jaring pada seluruh bagian tubuhnya. Sedangkan dengan cepatnya cuplikan video kemunculan Spidey dalam trailer Captain America: Civil War ini, tektur jaring terlihat seperti tidak asli dan seperti rekayasa komputer.

Kostum pertama Spiderman (2002) lebih menonjolkan tekstur jaring- jaring hitam pada hampir sebagian besar tubuhnya. Jaring dan logo di bagian dada dibuat secara detail dan timbul. Pada bagian pinggang terlihat seperti balutan pinggang yang menutupi hingga ke bagian belakang. Pada bagian belakang, logo laba- laba berwarna merah nampak lebih detail dengan rahang atau taring yang terlihat jelas.
Spiderman Suit
Spiderman (2002)

Pada saat reboot untuk The Amazing Spiderman (2012) desain terlihat lebih ekstrim dengan pola jaring - jaring masih tetap berwarna hitam, hanya saja tidak terlihat timbul melainkan lebih tenggelam menyatu dengan permukaan berwarna merah. Kostum ini memiliki tekstur heksagonal kecil pada seluruh bagian tubuhnya, pada bagian biru pola heksagonal kecil ini dilapisi oleh warna hitam. Logo di dada juga mengalami perubahan pada panjang kaki bawah laba-laba hingga ke bagian perut. Pada bagian belakang logo laba-laba memiliki kaki bawah yang lebih pendek dibandingkan logo laba laba depan dan melewati garis lurus pada bagian punggung. Balutan pada pinggang berwarna merah bagian belakang terlihat lebih kecil, dan terdapat lengkungan pada paha hingga ke sepatunya.
Spiderman In Civil War
The Amazing Spiderman (2012)

Untuk Amazing Spiderman 2, desain ekstrim terlihat sudah tidak digunakan lagi. Kostum Amazing Spiderman 2 sepertinya diadaptasi dari karakter komik Ultimate Spiderman dari tahun 2000an. Memiliki ukuran mata yang lebih besar dengan pola jaring-jaring juga terlihat timbul, seperti seperti pada Spiderman (2002). Pada bagian belakang, logo kaki bawah laba - laba tetap diperpanjang, dengan garis pada bahu lebih lurus dan balutan pinggang dengan ukuran lebih besar.
Spiderman In Civil War
Amazing Spiderman 2 (2014)
Desain kostum baru Spidey terlihat berbeda dengan desain - desain sebelumnya. Meski tetap menggunakan warna merah dan biru, kostum baru ini terlihat lebih datar tanpa tekstur. Pola jaring - jaring tidak lagi timbul, namun menyatu pada permukaan. Bila diperhatikan lebih dekat, garis jaring juga terlihat tidak solid, karena terdapat dua garis halus yang disusun dengan jarak yang cukup rapat sehingga terlihat seperti menjadi satu garis jaring. Ditambah dengan beberapa aksen hitam, sambungan antara warna biru dan merah juga terlihat lebih menyatu. 
Logo laba - laba pada bagian dada menjadi lebih kecil dibandingkan semua desain - desain sebelumnya. Ukuran logo laba - laba bagian belakang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya hanya saja desainnya terlihat sangat berbeda dari desain - desain sebelumnnya.
Hal unik selain desain baru jaring - jaringnya adalah pada matanya. Pada desain - desain sebelumnya, mata spidey terlihat statis dan tidak terlihat ekspresif. Pada cuplikan trailer bisa kita lihat kalau garis tepi matanya bisa melebar ke bagian dalam, seolah matanya lebih fokus melihat sesuatu dan tentunya membuat karakter Spidey lebih ekspresif karena bisa berkedip.

Kamampuan

Kemampuan Spideman sama seperti sekuel sebelum-sebelumnya. Kekuatan super, Spider-sense, kecepatan refleks yang tinggi, memanjat tembok, dan hal-hal lain yang bisa dilakukan laba-laba. Seperti The Amazing Spiderman, jaring laba - laba didapat melalui shooters mekanik, tidak secara alami seperti Spiderman (2002). Teknologi shooter web ini rumornya disediakan oleh Tony Stark.
Pada cuplikan trailer Civil War, terlihat spiderman merebut tameng sang kapten. Bagaimana spidey bisa merebut tameng itu dengan begitu mudah. Padahal tameng sang kapten sudah menggunakan semacam teknologi elektromagnetik buatan Stark Industries (pada Avengers: Age of Ultron). Tameng sang tidak menggunakan pegangan lagi karena tameng sudah bisa menempel di tangannya. Lantas bagaimana bisa spiderman merebutnya? hehe


Ada di pihak mana?

Dengan melihat trailer Civil War, kita semua tau kalau spidey akan berjuang bersama Iron Man, War Machine, Black Widow, Visi dan Black Panther melawan Captain America, Falcon, Winter Soldier, Scarlet Witch, Hawkeye dan Ant-Man. Namun jika kalian pernah membaca komik Captain America: Civil War, kalian akan menemukan bahwa pada pertengahan cerita Peter Parker beralih ke kubu Steve Rogers. Jadi, mungkin saja hal ini terjadi pada versi filmnya.

Bagimana akhir perseteruan Tony Stark dan Steve Roger? Bagimana aksi Spiderman di tengah perseteruan mereka?

Tunggu saja, 6 Mei 2016




4 Comment

Wih cakep analisanya len. Tapi ngomongi kostum kayaknya Deadpool masih no 1 ahahah gak nyambung perbandingannya

Aku suka film dari komik Marvell, superheronya keren2.. hahahaha :D.

lengkap dan cermat banget ah perhatiin kostumnya. aku mah tinggal nonton aja :D

Teteplah Tobey maguire yang paling pas meranin spiderman, porsinya pas soalnya. Atau karena memang dia sebagai patokan karena berhasilnya film spiderman saat itu.

Untuk kostum, mungkin di avenger ingin melihatkan sesuatu yang berbeda. Tapi kesannya jadul banget sih yah pakaiannya. Atau sengaja dibuat jelek, supaya orang fokus ke situ dan menantikan pergantian kostum spiderman di film-film selanjutnya.

Ditunggu artikel selanjutnya, Ada Apa dengan Black Widow? hahaha

Don't be a Silent Reader!
Please leave your comments, critiques or suggestions.
Because your opinion means a lot for this blog :)

EmoticonEmoticon