Logitech M171 Wireless Mouse Handal dengan Desain Simple

Review Logitech M171

Mouse merupakan salah satu perangkat penting yang dibutuhkan ketika kita menggunakan komputer. Walaupun pada laptop sudah memiliki touchpad sebagai pengganti mouse, kita tetap akan perlu menggunakan mouse, seperti ketika ingin menggambar, mengedit foto, ataupun bermain game.


Beberapa hari yang lalu aku baru aja membeli sebuah mouse wireless, Logitech M171 di sebuah toko buku dan ATK (sebut saja Gramedia). Awalnya aku membeli mouse ini karena melihat bentuknya yang simple dan elegan (*halah). Terdapat 3 pilihan warna untuk M171 ini, yaitu Merah, Biru dan Abu - abu. Karena aku suka degan warna yang cerah, akhirnya aku pun memilih warna abu - abu. Nah, ini dia penampakan M171 in box. Bukan in box sih ini, tapi in bungkusan.

Logitech M171
Gambar 1 Fresh from the oven

Didalamnya terdapat sebuah mouse, receiver, panduan pengguna dan baterai yang sudah terpasang di dalam mouse. Dengan receiver yang plug n play, kita tidak perlu menginstall apapun untuk dapat langsung menggunakan mouse ini. Menggunakan frekuensi wireless 2.4Ghz yang handal, mouse ini dapat digunakan dengan lancar hingga jarak 10 meter.

Logitech M171
Gambar 2 Mouse and receiver
Receiver Logitech M171
Gambar 3 Receiver 2.4 GHz
Menggunakan sebuah baterai AA, Logitech mengklaim wireless mouse mereka ini mampu bertahan hingga 12 bulan. Kita lihat saja apakah omongan mereka bisa terbukti. Logitech M171 ini memiliki invisible optical sensor jika kita bandingkan dengan mouse lain pada umumnya. Dengan sensor seperti ini, tanpa adanya LED yang menyala, mungkin dapat lebih menghemat penggunaan baterainya. Tapi ingat, jangan melihat langsung ke arah optical sensor mouse seperti ini. Berbahaya, dapat mengakibatkan gangguan mata!
Logitech M171
Gambar 4 Bottom Side

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Logitech M171:

Logitech M171
Kebutuhan Sistem
Windows 7, 8, dan 10, Mac OS, Chrome OS versi terbaru, Linux Kernel, Port USB
Isi Kemasan
– Mouse
– Receiver
– Dokumentasi Pengguna
Dimensi
Mouse
(tinggi x lebar x tebal)
35,2 mm (1,39 inci) x 61,5 mm (2,42 inci) x 97,7 mm (3,85 inci)
Berat Mouse
70,5 g (dengan baterai)
Receiver
(tinggi x lebar x tebal)
6,6 mm (0,24 inci)  x  14,4 mm (0,57 inci)  x  18,7 mm (0,74 inci)
Berat receiver
2,0 g (0,07 oz)
Spesifikasi Teknis
Koneksi
2.4GHz wireless
Jangkauan wireless
10 meter (32 kaki)
Baterai
1 x AA
Button
Right
Yes
Middle
Yes
Left
Yes
Wheel
Yes
Forward
N/A
Backward
N/A
Sofware Opsional
Logitech Option (bisa didapatkan disini)
Pilihan Warna
Biru Hitam, Merah Hitam, dan Abu – abu Hitam

Nah, yang spesial dari wireless mouse logitech M171 ini adalah Logitech Option-nya.

Logitech Option M171
Gambar 5 Logitech Option

Dengan Logitech Option ini, kita bisa meng-customize mouse kita sesuai keinginan, misalkan penggunaan tombol tengah yang terdapat pada wheel. Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui kalau pada bagian wheel tersebut terdapat sebuah tombol yang bisa diklik layaknya tombol mouse kiri dan kanan. Nah, tombol tengah (selanjutnya kita sebut middle button, biar paten sikit) inilah yang dapat kita modifikasi menggunakan Logitech Option sehingga menjadi semacam tombol shortcut.

Secara default, middle button ini dapat kita gunakan ketika membuka browser. Ketika middle button ini ditekan, maka pointer akan berubah menjadi semacam icon navigasi dengan 4 tanda panah. Pada mode ini ketika kita ingin men-scroll ke bawah dari sebuah halaman web yang panjang, kita tidak perlu menggunakan wheel, cukup dengan menggeser mouse ke arah bawah maka pointer tadi akan berubah menjadi tanda panah kebawah dan scroll halaman akan berjalan perlahan mengikuti arah gesture mouse, begitu juga sebaliknya jika kita ingin men-scroll ke atas.

Untuk memodifikasinya, kita dapat melakukannya melalui Logitech Option. Buka Logitech Option, kemudian klik pada gambar bertanda biru yang kehijau - hijauan itu (ntahlah apa itu nama warnanya), klik pada gambar middle button. Lalu akan muncul beberapa pilihan shortcut yang dapat kita setting untuk middle button ini. 
Selain itu juga terdapat opsi Gesture button. fungsi ini merupakan penggunaan kombinasi antara middle button dengan gesture mouse.

Logitech Option Gesture Button M171
Gambar 6 Gesture Button
Nah, ini contohnya. Pada gambar 6 aku buat middle button yang dapat berfungsi sebagai shortcut gesture dimana pilihan gesture-nya adalah Virtual Dekstop dengan keterangan gesture dapat dilihat pada Gambar 6. Untuk penggunaannya kita hanya perlu menekan tahan (jangan dilepas) middle button lalu kemudian geser mouse ke kiri untuk berpindah ke Desktop sebelumnya (disini aku menggunakan windows 10 yang memiliki fitur virtual desktop), jadi kita bisa berpindah desktop dengan cepat. Begitu juga seterusnya dengan arah gesture lain yang bisa dilihat pada keterangan gambar dari masing - masing opsi.

Yah, demikianlah review singkat ala kadarnya. Semoga bermanfaat!

Logitech M171

16 Komentar

  1. Waaah Moleeeen, keren banget tulisanmu dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah bisa aja kak sri ini, tulisan kakak lebih keren lagi :D
      apa kabar kak? lama ga jumpa haha

      Delete
  2. Biasanya kalo beli mouse aku ngga terlalu perhatiin spec nya. Mana yang selera aja. Hahahaha :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku biasaya perhatikan bodynya dulu kak,harus enak dipegang. Kedua harganya. Ketiga barulah spesifikasinya, kalo ketiga tiganya ini udah cocok, barulah ku beli :D

      Delete
  3. Kemarin lagi nyari-nyari mouse, ulasan abang lengkap ya. Bisalah Iyah lirik pas ke gramed :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lirik mousenya atau lirik abang - abang yang jaga disitu yah? haha

      Delete
  4. Replies
    1. Ohiya bang, lupa awak narok harganya disitu haha. Di Gramedia dibandrol 205ribu, tapi didiskon jadi 139ribu. Diwebsitenya logitech, 169ribu.

      Delete
  5. Mouse aja diperhatiin detail, apalagi pasangan yaak hahah baper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bah haha sok tau ah si nesia ini. Orang bahas mouse, malah baper.

      Delete
  6. bagus nih mouse, jadi pengen beli... keliatan compact gitu

    ReplyDelete
  7. Very shortly this site will be famous amid all blog users, due to it's pleasant articles gmail login email

    ReplyDelete
  8. If your commercial loan is indexed to some prime rate, it generally means the rate is based on your own lender's individual prime rate. mortgage calculator canada Now, as we raise the main to $400,000 as the rate and term remains a similar, the entire interest increases to $270,978. mortgage payment calculator

    ReplyDelete
  9. Every one of the hotter mouse planned PC mice has a 800 dpi scroll haggle fitting and play. No extra programming is expected to introduce the hotter mouse. All styles are optical PC mice with an advantageous on/off switch or hotness control dial on its long USB line. minecraft server list

    ReplyDelete
  10. Wireless mice used to be the toys of the jet setters; but in recent years, they have become widely available. This article will explain some of the features available in a wireless mouse and allow you to make a more informed decision when buying one. Wireless mouse

    ReplyDelete
Don't be a Silent Reader!
Please leave your comments, critiques or suggestions.
Because your opinion means a lot for this blog :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel