Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

Email merupakan hal umum yang sekarang digunakan untuk kegiatan surat menyurat, baik itu pribadi ataupun instansi. Email yang pertama kali dikirimkan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Tapi disini aku bukan untuk ngebahas sejarah perkembangannya Email. Disini kita akan membahas bagaimana cara membuat sebuah alamat email dengan domain sendiri.

Sebuah alamat email terdiri dari username dan mailserver, misalnya emailku@domain.com. Dimana emailku merupakan username pengguna, domain.com merupakan mailserver dimana pengguna mendaftarkan emailnya dan dihubungkan oleh dan @ (at) yang artinya si pengguna dengan nama emailku tersebut berada pada mailserver domain.com. Beberapa mail server yang sering digunakan seperti yahoo, google, hotmail dan lain - lain. Nah, jika kita sudah memiliki domain sendiri, kita bisa mendaftarkan username ke domain yang kita miliki untuk menjadikannya sebuah alamat email. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat email dengan alama domain sendiri. Bisa dengan cara menyewa sebuah webhosting. Ketika kita menyewa sebuah webhosting, biasanya sudah mendapatkan mailserver yang bisa kita gunakan. Cara lain adalah dengan menyewa sebuah email hosting. Namun kedua cara tadi biasanya membutuhkan biaya tambahan. Karena biasanya email dengan domain sendiri digunakan oleh perusahaan - perusahaan untuk menunjukkan kredibilitas mereka.

Nah, kalau untuk personal ada kok email hosting gratis dengan fitur yang menurutku sudah cukup untuk digunakan secara personal dan terlihat profesional. Kenalin nih namanya Zoho Mail, mungkin beberapa kalian udah pada kenal. Di Zoho Mail kita bisa mendaftarkan domain yang kita miliki untuk digunakan menjadi alamat email. Bagaimana caranya membuat alamat email dengan domain sendiri di Zoho Mail?

1. Buka https://mail.zoho.com/biz/mailsignup.do, maka akan muncul sebuah form seperti yang ditunjukan pada Gambar 1. Pilih Sign up with a domain i already own. Kemudian isikan nama domain yang kamu miliki. isikan alamat email yang ingin dibuat (pada contoh ini aku masukan usernamenya adalah halo). Kemudian isikan email yang saat ini digunakan dan masukan pasword yang akan digunakan untuk login nantinya. Klik Sign Up.
Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 1 Sign up

2. Kemudian akan muncul halaman Welcome to Zoho Mail. Di halaman ini dijelaskan kalau kapasitas penyimpanan email yang akan kita buat hanya 5Gb per user. Dengan jumlah maksimum user yang bisa dibuat di sini mencapai 25 user. Walaupun penyimpanan yang kecil, ini termasuk lumayan lah (karena dikasih gratis hehe). Kemudian klik Setup "namadomainkamu.com" in zoho untuk melakukan konfigurasi emailnya.

3. Untuk mengkonfigurasi email dengan domain sendiri ini, yang pertama harus kita lakukan adalah melakukan verifikasi terhadap domain yang akan kita gunakan di Zoho. (1) Pilih DNS manager dimana kamu mendaftarkan domain kamu. Jika tidak ada, pilih other dan lakukan konfigurasi secara manual. (2) Seperti yang terlihat pada Gambar 2, Ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk memverifikasi domain kita, yaitu dengan CNAME, TXT atau HTML. Pilih saja salah satunya. (3) Kemudian kita akan melihat kode yang akan digunakan untuk masing masing cara yang kita pilih, Masukan kode tersebut ke DNS Manager domain kita.
Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 2 Set up

4. Buka DNS Manager, dan tambahkan record baru dengan menggunakan kode tadi, seperti Gambar 3. Perhatikan tipenya CNAME.
Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 3 CNAME methode

Setelah kode tadi kita tambahkan pada DNS Manager, sekarang klik Verify. Maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 4.

Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 4 Create username email

5. Kemudian tentukan alamat email yang ingin kamu gunakan, misalnya emailku@domainku.com. Kemudian skip saja langkah berikutnya, aku rasa ngga terlalu penting hehe. Yang penting disini adalah konfigurasi pengiriman email.
Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 5 MX Config

Agar alamat email yang tadi kita buat dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, pastikan MX (Mail eXchange) records seperti Gambar 5 ditambahkan pada DNS manager domain. Caranya serupa dengan menambhkan CNAME tadi, hanya saja kali ini tipenya MX dan hostnamenya biarkan saja kosong. Sehingga pada DNS Manager domain akan terlihat seperti Gambar 6.

Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 6 MX setup DNS Manager

6. Kemudian klik Next dan Next (Skip saja sampai semua selesai) hingga akhir. Klik tombol Proceed to Access ZohoMail. Jika kamu sudah melihat Gambar 7 seperti ini, berarti alamat email dengan domain kamu sendiri sudah bisa digunakan.
Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 7 Launching

Sekarang kita tes untuk mengirim email, dan ini hasilnya, alamat email dengan domain sendiri sudah bisa digunakan untuk bekirim email.

Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri
Gambar 8 Email Succesfully Sent
Selamat mencoba! :D

Ohiya, mengenai keterbatasan penyimpanannya yang hanya sebesar 5GB dan bagaimana cara mengatasinya? Akan dibahas pada post berikutnya :)

10 Comment

lengkap kli bah, tanpa beli hosting bisa yaaa
nanti awak buat jugaklah

Nah,ini info bagus banget.
Kemaren,sempet cari tau infonya buat begini karena penasaran pas lihat email rudi gitu.
Nanti dicoba deh.
Mksh infonya :)

Buat lah bang, biar makin keliatan kredibilitasnya komburkali.
Tapi untuk media sekaliber komburkali, keknya ga cukup itu 5GB kapasitas emailnya, soalnya kuliat banyak kali fansnya :D

Nah, kalo emailnya bang rudi itu, dia pake hosting karena di wordpress. Kalo cuman punya domain ya bisa lah coba cara ini kak :D

Wahh,, Nama ku udah disebut-sebut aja,,
keren molen,, tutorialnya lengkap.. Ntar bisa dicoba deh,, :)

Bah denger aja ya bang, ga batuk batuk tadi? haha
Cobalah untuk medanwisata, masa travel blog sekelas medanwisata masih pake gmail :p

Bookmark dulu bang belum beli domain. ntar kalau dah beli baru baca lagi hehehe

Akhirnya ada juga yang ngebookmark blog yang tak seberapa ini. Terima kasih, bang salim =D

buat la nanti, biar lebih keren nampaknya xD

Don't be a Silent Reader!
Please leave your comments, critiques or suggestions.
Because your opinion means a lot for this blog :)

EmoticonEmoticon