Tamat Kuliah Mau Ngapain?

Halo, apa kabar kalian para pembaca setia blog ini? (macem ada aja yang baca), Lagi pada ngapain? Udah pada makan belum? Apa? Ngga laper? Atau sebenarnya udah laper tapi ngga ada yang mengingatkan untuk makan?

Maaf ya banyak pertanyaan. Bukannya aku kepo, tapi ya hidup ini memang penuh dengan pertanyaan. Berhasil menjawab satu pertanyaan, akan muncul pertanyaan lainnya yang makin lama makin sulit. Berhasil menjawab pertanyaan, kapan wisuda? muncul lagi pertanyaan kapan kawin? Iya maunya sih tamat kuliah langsung kawin aja gitu, tapi… aah ya sudahlah.

Jadi apa yang bisa kita lakukan setelah tamat kuliah? Mau ngapain setelah tamat kuliah? Berikut ini hal – hal yang bisa kita lakukan setelah kita tamat dari kampus tercinta ini.

Liburan

Banyaknya tugas yang harus diselesaikan semasa kuliah sering membuat pikiran kita terasa penat, tak jarang waktu berkumpul dengan keluarga dan teman teman menjadi berkurang akibat banyak tugas dan laporan yang harus diselesaikan. Apalagi ketika sedang menyusun Tugas Akhir, ngga sedikit mahasiswa yang merasa frustasi karena berbagai hal, mulai dari data penelitian yang sulit didapat, dosen pembimbing yang susah dijumpai, sampai urusan birokrasi yang njelimet (rumit) di kampus.
Setelah semua urusan dikampus itu dilalui, ngga ada salahnya jika kita pergi liburan, melihat dunia luar selain kampus dan laboratorium yang isinya begitu – begitu aja. Sembari menunggu jadwal wisuda yang masih beberapa minggu lagi, kita bisa menggunakan waktu ini untuk mengunjungi tempat – tempat wisata atau sekedar jalan – jalan. Mungkin sedikit liburan bisa menyegarkan kembali pikiran yang lelah dengan segala tetek bengek di kampus tadi, sebelum kita memikirkan kembali rencana apa yang akan dilakukan setelah keluar dari perguruan tinggi dimana kita menimba ilmu.

Cari Kerja

Sebagian besar dari kita masuk ke perguruan tinggi bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Karena itu lah mencari pekerjaan adalah hal yang biasanya dilakukan ketika selesai menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Mengingat ketika semasa kuliah, kita sudah banyak menghabiskan uang orang tua. Maka dengan bekerja, kita dapat meringankan beban orang tua, paling tidak kita sudah tidak bergantung lagi dengan suntikan dana dari orang tua.
Gini nih kalo nyari kerja

Kuliah Lagi

Jangan males nyari - nyari beasiswa!
Bangku perkuliahan adalah tempat belajar, menuntut ilmu, dan mengembangkan pola pikir. Diharapkan lulusannya mampu menganalisis suatu permasalahan yang ada dan menyelesaikannya secara sistematis. Jika merasa ilmu yang didapat semasa kuliah masih belum cukup dan ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi, kita bisa melanjutkan ke pendidikan pascasarjana, untuk mendapatkan gelar master lalu Ph.D. Biasanya pendidikan pascasarjana akan lebih bermanfaat jika kita tertarik pada bidang akademis ilmu tertentu.


Membangun Usaha

Ngapain berebut pekerjaan kalau bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri? Tujuan pendidikan yang lebih tinggi bukan semata – mata untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, tapi untuk membentuk pola pikir. Memang ngga salah, kuliah kemudian menjadi sarjana, dan mengincar pekerjaan dengan jenjang karir yang tinggi. Tapi kalau semua mahasiswa memiliki pola pikir seperti ini, ditakutkan lapangan pekerjaan semakin berkurang karena banyaknya lulusan yang melamar pekerjaan. Setelah tamat kuliah, mungkin ini bisa menjadi tempat untuk kita mengimplementasikan ilmu – ilmu yang kita peroleh semasa kuliah.


Nikah

Kapan kawin? Inilah pertanyaan yang sulit dijawab setelah kita berhasil menjawab pertanyaan kapan wisuda. Perkawinan bisa dilakukan jika kamu sudah memiliki pasangan. Jika kamu belum punya pasangan ya tentu aja ngga bisa :’). 
photo by herydido

Kalo kamu udah memiliki pasangan, kalian udah siap lahir batin, dan kedua orang tua kalian juga udah saling merestui. Tunggu apa lagi? Gas lah teruss! Kalau ingin kuliah lagi nanti toh juga bisa setelah nikah. Karena sesuatu yang baik, sebaiknya jangan ditunda tunda. Kalau kamu perempuan, udah capek ngelamar pekerjaan sana sini tapi ngga ada panggilan juga, mendingan tunggu dilamar aja sama pasangannya kalau ada =))

Yaah, apapun yang akan kalian lakukan setelah tamat kuliah, awali lah dengan Bismilah!

14 Comment

Aku pilih nikah ajalah, mol. hehehe :D

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

pilih nikah lahhh
masak pacaran mu sih aku

berhubung kemarin sebelum tamat aku udah kerja, jadi abis wisuda langsung cus liburan :)

liburan dulu, abes tuh nikah ya kan kahahah

makasih udah komen di blogger lifestyle medan

Aku jadi inget ada iklan di TV "Mau nikah atau S2?"
Kalo cewek kebanyakan sekarang udah ngejar karier sih, ya. Meskipun nggak sedikit juga yang nikah di usia muda.

Daku pilih liburan -> kerjaan tetep jalan -> kuliah lagi mwahahahaha :">
#rakus #semuanyamaudijalani #asaltetepfokus

Btw, blogmu ini berat banget. Coba widget-nya agak dikurang2in. Saran ye...

bang, kapan nikah? *pertanyaan absurd*

pacarannya nanti aja setelah nikah, biar halal =D

iklan apa itu ya? *ga pernah nonton tv :')
terima kasih sarannya ya mbak

Yang pertama kali ketika tamat kuliah... Bersyukur :D

Don't be a Silent Reader!
Please leave your comments, critiques or suggestions.
Because your opinion means a lot for this blog :)

EmoticonEmoticon