Hey Anak Muda, Yuk Nabung Saham!


Bang bing bung yok, kita nabung. Ya, dari kecil orang tua dan guru di sekolah kita selalu mengatakan, "ayo uang jajannya jangan dihabisin semua, sisihkan sebagian untuk ditabung ya, nanti kamu bisa mainan yang kamu suka".

Dengan menabung, kita bisa membeli barang - barang yang kita inginkan, bisa untuk pergi berlibur dan lain- lain. Tetapi seiring meningkatnya tingkat inflasi yang setiap harinya terus merangkak naik, uang yang kita simpan di tabungan nilainya akan semakin menurun. Dulu ketika masih kecil, kita pergi ke warung dengan uang Rp.500 bisa mendapatkan 5 butir permen. Sedangkan sekarang dengan uang Rp.500 kita hanya mendapatkan 3 butir permen. Lambat laun, bisa bisa tabungan kita habis nih.


Alangkah baiknya kita tidak hanya menabung, tapi juga berinvestasi dalam bentuk lain. Selain menabung, ada beberapa bentuk investasi lain, seperti Emas, Deposito, Reksadana, Obligasi dan Saham. Masing - masing investasi memiliki potensi resiko dan hasil pertumbuhan yang berbeda - beda. Pada Sabtu (20/2) kemarin Bursa Efek Indonesia (BEI) mengundang anak muda kota Medan yang tergabung dalam Blogger Medan dalam rangka mengkampanyekan program Yuk Nabung Saham. Bertempat di kantor BEI perwakilan Medan, Jl. Asia No.182 ini para anak muda diperkenalkan dengan investasi saham dan bagaimana cara mulai menabung saham.



Yuk Nabung Saham sendiri merupakan inisiatif BEI yang salah satunya mengubah paradigma masyarakat jika menabung tidak hanya di bank. Pada kesempatan tersebut, Yoseph Kaburuan selaku trainer BEI perwakilan Medan menjelaskan, "saham adalah bukti kepemilikan suatu perseroan (perusahaan) yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perusahaan". Jadi, dengan membeli saham dari suatu perusahaan secara tidak langsung kita sudah menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut, yah walaupun hanya 0,0...00sekian % bagiannya hehehe.

Untuk apa sih anak muda, nabung saham? Tujuan menabung saham tidak jauh berbeda dengan menabung pada tabungan konvensional, yaitu untuk mempersiapkan hari esok. Hanya saja pada tabungan konvensional, uang yang kita tabungan mengendap begitu saja dan menjadi kurang bermanfaat. Sedangkan dengan menabung saham, secara tidak langsung kita ikut serta menggerakan roda ekonomi dan menyejahterakan masyarakat. Bagaimana bisa? Dengan membeli saham suatu perusahaan, kita memberikan modal kepada perusahaan tersebut agar tetap dapat melakukan produksi dan menyerap banyak tenaga kerja. Dengan demikian perputaran roda ekonomi akan terjadi.

Bagaimana cara memulainya? Untuk kamu yang belum mengenal apa itu saham, kamu bisa datang ke kantor BEI perwakilan Medan yang berada di Jalan Asia No. 182. Disana kamu akan dibantu untuk membuka rekening efek yang nantinya akan digunakan untuk membeli saham. Secara garis besar,proses menabung saham dapat dilihat sebagai berikut.

Proses Yuk Nabung Saham

Terdapat sekitar 520 perusahaan dari berbagai bidang yang tercatat di BEI baik itu BUMN atau Swasta.
Perusahaan yang tercatat di BEI selengkapnya dapat dilihat disini
Banyak sekali bukan? Lalu bagaimana menentukan perusahaan mana yang akan kita beli sahamnya? Yoseph Kaburuan memberikan beberapa tips dalam membeli saham suatu perusahaan.

Produknya Mudah Dijual

Pilihlah perusahaan yang menghasilkan produk produk yang setiap harinya banyak dikonsumsi orang. Misalnya produk makanan, dan produk kebersihan.

Sejalan dengan program pemerintah

Pilihlah perusahaan yang bergerak di bidang - bidang yang sedang digalakkan oleh pemerintah, misalnya pemerintah sedang menggalakkan pembangunan infrastruktur, pilihlah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi atau perusahaan yang memproduksi barang barang yang digunakan pada infrastruktur.

Para peserta yang hadir pada acara pengenalan Yuk Nabung Saham dibekali modal Rp.100.000 dalam bentuk rekening efek yang bisa digunakan untuk mulai mencoba membeli saham. Semoga ini awal yang baik bagi anak muda untuk membantu menggerakkan ekonomi negeri ini.

9 Comment

masukan yang ajib tuh, jadi yang coba coba belajar saham gak salah langka ya kan

wah, aku pengen ikut kelasnya kemarin, tapi pas kerja pulak.

eh btw, orang-orang sering bilang main saham, itu sama ga artinya sama nabung saham?

nabung saham, bukan kayak dibank kan? tapi tetap harus liaht grafik dan analisis pasar?

mau nabung saham juga, tapi belum cukup duitnya..

Mau kumpulin duitnya dulu dikit-dikitlah biar bisa ikut nabung saham. Sempet kepikiran dari dulu tapi ga jadi-jadi :D

Menurutku main saham sama nabung saham itu cuman beda bahasanya aja.
Ya, nabung saham kita harus liat perkembangan pasar juga gimana wal, kalo yang udah expert mungkin kerjaannya tiap hari nganalisis pasar aja =D

Dengan Rp 100.000 udah bisa kok mulai nabung saham kecil kecilan, mbak :)

yang dikit dikit itu langsung aja ditabungin ke saham kak moll :)

Halo,

Perkenalkan, nama saya Sarah, salah satu staff perwakilan Perusahaan Broker Instaforex.com
Broker terbaik http://ifxid.com/awards.php

Kami ingin menawarkan kerja sama yang memberikan Anda minimal keuntungan 1.5 pips - 5.3 pips( 15 $ - 53 USD untuk lot pasar secara umum) dari setiap trading klien yang berada dibawah Anda.

Untuk memulai kerjasama, Anda hanya perlu mendaftar melalui link ini https://secure.ifxid.com/en/affiliate-registration.aspx?lang=en

Selain Keuntungan diatas, kami juga menawarkan keuntungan lainnya seperti yang tertera dibawah ini :

Komisi 1.5 - 5.3 pip untuk Forex dan mencapai 20-26 pips untuk Gold; ( partners.ifxid.com/en/partners_comissions.php/)

- Reward tambahan untuk broker yang maju;
- Akses online statistik afliasi selama 24 jam;
- Gratis analisa lalu lintas link afliasi anda;
- Website lengkap gratis dengan kemudahan administrasi;
- Berita-berita forex gratis untuk klien anda;
- Pemilihan materi promosi dan edukasi yang luas;
- Kesempatan pendistribusian buku disediakan oleh perusahaan;
- 8 tipe kemitraan dengan InstaForex dan potensi perkembangan partner.
- Kartu debit bank dari InstaForex

NB:
Untuk program sub IB, Anda mendapatkan 0.1 pip dari subIB
dan juga bonus point dari klien Anda.

Jika Anda tertarik, mohon hubungi kami pada kontak-kontak dibawah ini :

Dengan hormat,
Sarah
Partner Department Consultant

Email: sarah@mail4.instaforex.com
ID skype: sarah@mail7.instaforex.com
YM: sarah.ifx@yahoo.com
Whatsapp : 08111490500

Don't be a Silent Reader!
Please leave your comments, critiques or suggestions.
Because your opinion means a lot for this blog :)

EmoticonEmoticon