Weekend Project: Jam Digital Sederhana

Sehabis libur lebaran kemarin, saya beres - beres kamar yang udah berantakan, kertas bertebaran dimana - mana. Jujur, saya termasuk orang yang terlalu sibuk (baca: malas) untuk bersihin kamar sendiri hehe. Ketika lagi beresin dalam lemari, saya nemuin beberapa barang yang tersisa dari jaman praktikum Elektronika Dasar dulu. Ada Power supply adaptor, solder, bor, papan pcb, display 7 Segment, beberapa IC (Intergrated Circuit) dan komponen elektronika lainnya seperti resistor, transistor, dioda, kapasitor dan lain-lain yang sepertinya masih bisa berfungsi.


Melihat barang-barang itu, sayang kalo mau dibuang. Tapi kalo ga dibuang buat semak (baca: sempit) aja di lemari. Tiba-tiba ada lampu yang menyala terang diatas kepalaku. CLING! bunyinya mirip kayak iklan sabun cuci piring yang ada jeruk nipisnya itu. *halah

Muncul ide untuk ngebuat komponen tadi menjadi sebuah jam digital sederhana. Sepertinya mudah. Mengingat dulu ketika Praktikum Elektronika Dasar, kelompokku pernah buah jam digital juga dengan IC TTL 74390 dan IC 7447 yang membutuhkan IC cukup banyak, yaitu lebih dari 10 buah IC. Dimana terdapat 3 buah IC 74390 sebagai counter, 6 buah IC 7447 sebagai dekoder dari counter ke tampilan seven segment, dan IC gerbang logika OR dan AND untuk mengatur reset jam.

Sekarang saya ingin membuat jam digital yang lebih sederhana dengan IC 4026 tanpa menggunakan program mikrokontroler. Saya ingin membuat jam digital dengan 6 digit seven segment, (hh:mm:ss) jam : menit : detik.
Dengan menggunakan IC 4026 kita hanya memerlukan 6 buah IC 4026 dan sebuah IC 74LS11.

IC 4026 ini berfungsi untuk menyederhanakan penggunaan dekoder desimal ke biner atau 7-segmen decoder pada rangkaian counter/pencacah. Sehingga kita tidak memerlukan IC 7447 lagi. Output dari IC ini adalah active ‘high” sehingga dibutuhkan 7 segmen yang komon katoda (negatif). Dan IC 74LS11 merupakan gerbang logika dengan 3 input, yang berfungsi untuk mengatur reset jam. Dengan demikian jam digital ini membutuhkan lebih sedikit komponen.


Dan setelah pengerjaan beberapa hari, sambil mengisi waktu libur akhirnya jadi juga. This is it!


 Update 


Penampakan dari Depan


Penampakan bagian belakang
(maaf ya kabelnya agak kusut :D)

It's Working!



Tertarik ingin membuatnya?
Saya menggunakan simulasi elektronika ISIS mencoba rangkaian jam digital ini, Berikut gambar rangkaian untuk jam digital
Skematik ISIS untuk Digital Clock 4026
Awalnya saya menggunakan IC 555 sebagai clock pulse untuk jam ini, tapi jam menjadi tidak akurat dengan waktu yang sebenarnya. Sehingga saya akhirnya menggunakan clock pulse yang berasal dari jam dinding bekas dan lebih akurat. Untuk clock dari jam dinding bisa anda lihat disini 

Berikut skematik jam digital 4026 pada simulasi ISIS, silahkan
Download via MediaFire

Selamat mencoba!

129 Komentar

  1. mnta skematiknya donk.. gk kliatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. skematiknya sudah diupload diatas, silahkan di download.

      Delete
    2. clocknya dari mana? gak pake 555?

      Delete
    3. Min Boleh Minta List Komponen buat PCB sama layout PCBnya ?? soalnya ane liat-liat di schematic yang di proteus kok ane masih bingung ya untuk komponen sama konversi ke Layout PCBnya??

      apa bisa di emailkan ke abrihan27samudra@gmail.com ??
      Thx :D

      Delete
  2. gan untuk skema detak lm86, kan lm386 untuk out nya pin 5,
    nah jd pertanyaan, untuk skema pada isis gan ... pulse 1 khz, nya, tuh pin 5 lm386 nya masuk ke pin clock pulse 1 khz pada isis, bkn gan gan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener gan, output dari pin 5 di LM386 masuk ke pin 1 clock pulse di 4026nya.
      tapi itu pulsenya 1Hz gan, bukan1kHz.

      Delete
    2. Kalau mw outputnya 1Hz pakain RTC NE-555 aja lebih akurat dan saya memakai IC tersebut cocok sebagai detik.

      Delete
  3. gan tolong sebutkan dong.!! apa ajja dan berapa jumlah dari masing2 komponen yg dibutuhkan untuk merangkai ini. maklum masih pemula, dan ingin sekali mencoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kirim lewal mail ajja yak.!!!

      Delete
    2. skematiknya tinggal download aja diatas, digambarnya udah ada semua komponennya

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. kok ga skalian listing programnya? :D

    ReplyDelete
  5. Gan minta layout pcbnya dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya buatnya pake pcb bolong gan hehe.
      kalo mau buat layout PCBnya bisa kok dari program ISIS itu.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Being willing to ask about what? I can help you

      Delete
  7. Gan, IC yg dignkn 4073 atau 74LS11 ? Dan brp IC yg dbthkan 1 atau 3 ?

    ReplyDelete
  8. trs kalau sy pakai IC 4073 1buah, dtknya mlbhi 99 trs ke 0, dan mntnya pun tdk brtmbh, dan kalo pakai ic 74LS11 sy cocokin dngn 3 input ke ic 4026 msng2 dan outputnya sesuai rngkain di atas, malah detiknya smpe 19 trs ke 0 dan mnitnya tdk brtmbh juga, tlng ksh pndptnya ? apa rangkaian di atas ada yg salah dan sy juga ikut salah ? tlng diperiksa dulu rangkaian di atasnya, gan ?

    ReplyDelete
  9. sbnrnya ada tidak arus positif & negatif di IC 4073 yg mngalir karena saya menyambung arus itu ke ic tersebut ? tapi rangkaian di atas tidak ada arus yang mengalir ke ic 4073 ? dan ic 4073 yg diperlukan tersbt ada 1 atau 3, gan ? karena sy sdh digabung mnjdi 1, pin 1,2, 8 outnya 9, 3,4,5, outnya 6, dan 11,12,13 outnya 10 dan pin 7 Gnd & pin 14 Vcc. Kalau di atas ic nya dipkai 3 atau brp ? dan mmkai catu daya atau tidak, gan ? Gan, saya mnt tlng perbaiki dulu rangkaianya di atas atau diperlengkap jika ada yg slh sprt hasil nyata yg kamu buat di atas, gan. tlng sy mnta gambar yg jelas dari tampak depan & blkng yang kamu buat jam digital itu, gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya 4073 dan 74LS11 fungsinya sama saja, sebagai gerbang AND dgn 3 masukan. kebetulan IC yang saya pakai disitu adalah IC 4073.
      hanya butuh 1 IC, karena di dalam 1 IC sudah ada 3 gerbang AND dgn 3 masukan trsebut. dan setiap IC emang harus dihubungkan ke VCC(+) dan Ground(-). untuk lebih jelasnya bisa liat di datasheet-nya ini --> http://bit.ly/1f6wD63

      kalo detiknya ga nge-reset di angka 59 mungkin ada yang salah sambung, coba diperhatikan lagi rangkaiannya.

      Delete
  10. apa sy slh dngn IC 4026 pd pinnya Output ke 7 segment itu, benar, pin 1, 2, 3, & 5 benar dihbngkan dan sy smakan contoh rngkaian di atas malah nggak hidup segmentnya dan icnya 4026 agak hangat, akhirnya membaca datasheet dr intrnt ic 4026 itu Vcc dan Gnd itu hrs dihbngkan dan saya pun cma mnggabungkan Gnd saja, tapi hidup segmentnya juga, itu Vcc nggak usah digabungkan piker saya, krn segmentnya sudh hidup mnrt saya. Kenapa di atas arus Vccnya dan Gnd tidak digabungkan ke pin 16 & 8. jadi pin yg digunakan saya 1,2,3,5 8, serta output ke 7 segment. tolong pendapatnya apa saya salah di IC 4073 atau di IC 4026.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane bantu jawab, di program atau software tg di pakek mimi itu adalah ISIS Proteus, na diisis proteus memang pin 8 dan 16 memang gak ada karena software dah tau kalo tu pin ya 16 nyambung ke vcc dan 8 ke GND. jadi kalo agan mau buat ya harus nyambungin sendiri kecuali agan langsung convert langsung ke layout menggunakan software yg dberikan mimin diatas. Begitupun utk 7-segment, brhubung 7-segmen yg dpakek katoda (input ke tujuh segment LED adalah 1), maka jgn lupa sumbernya diambil dari GND (0) yang disambungin di pin 3 dan 8. Kalo ni pin gk dsambungin 7-segment gk bakalan idup.
      Maaf cuma bantu jawab aja :)

      Delete
  11. Apa saya mnggnkan satu - satu dari triple 3 input dibawah ini, krn saya sudah memakai ic 4073 & 74LS11 tidak bisa ngereset detiknya dan menitnya pun tdk brtmbh :
    4023 triple 3-input NAND
    4025 triple 3-input NOR
    4073 triple 3-input AND
    4075 triple 3-input OR

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7segment yang dipakai cathoda atau anoda? yang saya pakai itu cathoda (cuma dihubungkan dengan Gnd)
      semua IC harus dihubungkan dengan Vcc dan Gnd, termasuk 4026. di dalam gambar rankaian itu tidak ada digambarkan Vcc dan Gnd karena sudah otomatis dianngap terhubung (bawaan dari sofwarenya). Untuk mengetahui pin Vcc dan Gnd bisa lihat di datasheet ICnya.
      cukup pakai 4073 saja seharusnya sudah bisa.

      Delete
  12. tapi, gan saya memakai 7 segment cathode, maksudnya di ic 4026 saya sudah mnyalurkan arus gnd ke pin 8 & 2 dan arus Vccnya di pin 3 saja, makanya segmentnya hidup tanpa disalurkan Vcc ke pin 16. tolng pendapatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vcc 4026nya harus ke pin 3 dan 16.
      Gnd 4026nya udah bener, tapi untuk 4026 ke-1 dan ke-3 harus dihubungkan juga ke pin 15.
      7segment cathoda hubungkan ke Gnd, bukan ke Vcc

      Delete
  13. maksudnya apa, gan IC 4026 ke 1 & ke 3 harus digabungkan juga ke pin 15. Pokoknya saya mengerjakan jam digital hanya meniru dr rngkaian di atas. krn prsoalannya detiknya sampe 99 trs ke 0 shrsnyakan 59 trs ke 0 dan menitnya brtmbh 1, ini tidak gan, malahan menitnya tidak brtmbah, & detiknya pun trs dr 0 smpe 99 trs ke 0. bgtu trs detiknya, gan, tolong sih gan upload gambarnya krn sy mw mngikuti cara agan dari tampak belakang dan depan yang jelas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya IC 4026 untuk angka satuan detik dan menit.
      saya buatnya pake PCB bolong, susah liatnya kalo dari belakang.
      saya juga awalnya ketemu masalah begitu. dan saya cek ternyata ke pin resetnya agak longgar.
      coba di cek lagi. kalo udah sesuai rankaiannya pasti bisa.

      Delete
  14. saya coba barusan juga nggak bisa, gan. tolong sih gan upload aja gambarnya krn sy mw mngikuti cara agan dari tampak belakang dan depan yang jelas Nggak apa2 kalo nggak jelas sedikit,gan.
    karena saya dari tadi dicoba nggak bisa berkali - kali, please !

    ReplyDelete
  15. Gan, gimana ya Kemaren saya coba mntnya bs brtmbh, tapi detiknya harus angka 79 trs ke 0 dan mntnya brtmbh 1. shrsnyakan 59 trs ke 0, tapi mslhnya gini, gan pas mw ke 60 dtknya, pin e pd segmentnya nggak hidup, giliran dtknya mw ke 80 lngsng ngereset & tmbh 1 mnt. yg mntnya gitu juga, gan. tp yg mntnya mw ke angka 80 trs ngereset tmbh 1 jam. tolong pndptnya,gan, biar menit & detiknya kmbl normal. :)

    ReplyDelete
  16. Gan, saya mw nnya Segment dtk yg puluhan bagian Pin F di angka 5 tdk hidup, giliran di angka 0 pin F pd segment hidup, tolong bantu saya, gan !

    ReplyDelete
  17. Gan, saya mw nnya Mngapa Pd bagian jam satuan dan puluhan ngereset sendiri mnjd 00 pdhl mslnya jam 16.00 tiba - tiba pada bagian jamnya lngsng 00.00. bantu saya, gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya sob, saya baru sempat update. penampakan dari jam yg saya buat, sudah saya update di postingan ini. semoga bisa membantu.

      Delete
  18. gan ane mau tanya nih ?
    jika pada saat mati lampu ! apakah jam tersebut mereset ulang ke 00:00:00,, ? terus kalo iya bagaimana mengatasinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam tersebut menggunakan tegangan 5 volt, bisa dari baterai ataupun dari adapter.
      kalau menggunakan adapter, jadi ketika listrik padam, jam tersebut juga akan mati dan hidup kembali ketika listrik menyala dengan waktu yg ter-reset menjadi 00:00:00
      untuk mengatasinya kita bisa menggunakan baterai backup, jadi ketika listrik padam kita masih memiliki tegangan untuk menyalakan jam tersebut.
      rangkaiannya bisa dilihat disini http://bit.ly/1aioRoY

      Delete
  19. Wah.. Ok banget nih skemanya.. menggunakan counter 4026, dan strategi setiap puluhan detik dan menit akan kembali 0 (nol) setelah menuju angka 6 menggunakan gerbang and 3 input 74ls11.. Terima kasih gan.. Sangat menginspirasi...

    ReplyDelete
  20. mas bole mintak skematiknya ??
    vi imail aja

    ReplyDelete
  21. mas bole mintak skematiknya ??
    vi imail aja

    ReplyDelete
  22. mas bole mintak skematiknya ??
    vi imail aja

    ReplyDelete
  23. om, link nya error.. kirim via email ya??

    makasiih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. linknya masih bisa kok, silahkan dicoba lagi mas.

      Delete
  24. 7 segmentnya ukuran bebas ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebas sob, asal tegangannya disesuaikan supaya nyala 7segmentnya cukup terang untuk dilihat.

      Delete
  25. gan untuk positif batrai sebelah mana apa yg bertanda segitiga itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya yg di gambar skematik? iya, yg seperti tanda panah.

      Delete
  26. gan 7 segmen itu yg benar dengan resistor apa tidak soalnya skemanya pke?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg saya buat itu ga pake resistor, karena saya pake tegangan 5volt jadi masih aman dipake untuk enam 7segment. hanya saja di 7segment itu agak terasa hangat. Jadi lebih baik harus pake resistor sesuai dengan skematiknya.

      Delete
  27. Replies
    1. tegangan 7segmentnya sob. Kalau tegangan untuk IC pada umumnya sudah bisa menggunakan 5volt. Kalau untuk 7segment yg ukuran lebih besar dari yg saya buat diatas, biasanya membutuhkan tegangan yg lebih besar agar bisa menyala terang.

      Delete
  28. Maksudnya?
    7 segmentnya pake cc kan?
    caranya bikin tegangan 7segment jadi lebih besar gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kalo mau tegangan 7segmentnya jadi lebih besar, kurangi aja nilai resistansi di resistor yg terhubung ke tiap 7segment.

      Delete
  29. gan tu seri ic 4026 nya apa?
    trus pulse 1hz nya kan diambil dari mesin jam, kan ada dua output dari mesin jam tersebut 0.5hz dan 0.5hz trus apa kah di sambung dengan solder atau gimana biar jadi 1hz? soalnya saya udah coba disolder gak bisa keluar outputnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya pakai itu seri 4026 BE.
      dari sumber yang saya lihat, itu kedua outputnya udah 1Hz jadi cuman dipakai salah satu aja (terserah). Kalo outputnya ngga keluar, mungkin tegangannya kurang. Coba dilihat lagi link sumber yang saya cantumkan diatas.

      Delete
    2. gan kalo sumber clock nya selain dari mesin jam apa ya?
      trus kalo mau buat tampilan menit ama jam nya aja pakai ic 4017(2) ama 4026(4) bisa kan?

      Delete
    3. sumber clocknya bisa pake IC 555, tapi hasil ga akurat. kalo mau buat tampilan menit sama jamnya aja, 4017 tetap 3, 4026 tetap 6, yang dihilangi cuman 7segment detiknya aja.

      Delete
    4. selain ic 555 apa gan? kalo pakai rtc ds1307 bisa gak? caranya bagaimana?

      Delete
    5. kalo pake RTC, kita harus pakai mikrokontroler.

      Delete
  30. Gan mau tanya kok di ISIS nya 74LS11 ada 3 gan ? sedangkan di hasil relanya kayak gambar diatas hanya 1 buah saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 74LS11 itu kan gerbang AND dengan 3 masukan. Di dalam satu buah IC 74LS11 itu sudah ada 3 buah gerbang AND dengan 3 masukan. Jadi kita cukup pake satu IC aja.
      Untuk lebih jelasnya bisa liat di datasheetnya.

      Delete
  31. boleh minta skematik rangkaian nyan gk??

    ReplyDelete
  32. itu output dari 74LS11 gak di kasih resistor ngaruh sama jamnya ato kaga ??

    ReplyDelete
  33. Apakah kaki ic no 8 d hubungkan ke grd/0v
    Kl detikanx smpai 99 apa yg salah gan

    ReplyDelete
  34. Apakah kaki ic no 8 d hubungkan ke grd/0v
    Kl detikanx smpai 99 apa yg salah gan

    ReplyDelete
  35. Gan antara skema& penampakan untuk ic4073 ko bnyak yg tidak sama contohnya aja skema kaki ic no 8 ke kaki7 seg G tp kl d penampakan belakang no 8 ke ic4026 no 15 jam yg benar yg mn?

    ReplyDelete
  36. Gan boleh minta skematik dari proteusnya dong saya buat gagal terus

    ReplyDelete
  37. gan pcb nya donk..
    sama daftar komponennya...
    saya baru awam..heheh

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. gan tolong sebutkan dong.!! apa ajja dan berapa jumlah dari masing2 komponen yg dibutuhkan untuk merangkai ini. kirim via email aja gan..

    ReplyDelete
  40. gan, itu fungsi dioda nya buat apa ya? kenapa ga pake R330 aja kaya yg lain
    terus bisa ga output dari 4073 yg dihubungkan ke MR dan CLK itu dipasang tanpa resistor?

    ReplyDelete
  41. gan bisa nggak rangkaian ini diubah untuk countdown

    ReplyDelete
  42. Gan ,, boleh kirim proses cara kerja masing2 IC sehingga trbntuk jam digital

    radenjaya22@gmail.com
    ditunggu dan

    ReplyDelete
  43. gan sumber tegangannya ini dari mana.cepet butuh nih

    ReplyDelete
  44. gan clock pulse tu kmana ya.. aq dh buat tp kok g jalan ya... tp klo d tkan switch nya baru ada angkanya..

    ReplyDelete
  45. gan minta layout pcb clock pulse 1 Hz, tolong respon cepat ya gan. makasih

    ReplyDelete
  46. bang, kalo gak pake detik masih bisa nggak ?
    kalo bisa, caranya gimana ?

    ReplyDelete
  47. mau tanya gan, newbie saya..
    itu micricontroller bukan?
    kalo menurut saya bukan, kalo agan yg buat sendiri iya bukan?

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Gan, kalo pake 7segmen ukuran 4" bisa g ??, redupkah nyalanya ??

    ReplyDelete
  50. gan ane sdah bikin sesuai skema yang agan upload,, tpi setelah saya kasih tegangan kq segmennya langsung gerak angka ya gan,, cpet lagi,, ada solusi nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nha sama dengan agan ini

      Delete
    2. pulse input (pin 1 ic 4026) blm dapet ground gan, kasi R 100k trus sambungin ke ground yg ada di rangkaian jam

      Delete
    3. mas, boleh minta layuotnya tidak kalau boleh kirim ke email saya aja

      Delete
  51. gan,,, jenis 7segment yg diguna anoda atau common anoda.?
    mohon bantuannya gan
    thank's
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di post sama agan molen 7 seg common cathode, kalo mau pake common anode harus di tambah TR c828 di tiap output ic 4026

      Delete
  52. Keren mas,, cek tutorial di web kita juga ya, ada cara yg lebih mudah untuk membuat jam digital http://eko-rudiawan.com/membuat-jam-digital-tanpa-program-dengan-dot-matrix-p10/

    ReplyDelete
  53. gan, mau nanya. aku udah ada proteus isis nya, mau buat pcb layout nya, kok display 7-segment nya ga muncul di daftar komponen?

    ReplyDelete
  54. gan pulse yg d isis aslinya nyambung kmn gan??,sama ground juga gan, aslinya kemana juga kabelnya??,jwbnya segera gan,d butuhkan pencerahannya??

    ReplyDelete
  55. bang molen, ini input tegangan berapa ya?

    ReplyDelete
  56. bang nanya nih buat tgas kuliah. kaki kaki IC yg kosong dalam skematik itu dibiarkan kosong dalam rangkaian aslinya apa bagaimana. mksh

    ReplyDelete
  57. Gan ini pake resistor berapa buah dan resistornya pake yang berapa ohm?

    ReplyDelete
  58. mas ,td sya searching ke blog yang lain,,spertinya ad yang pligiat dr blog anda,ga tangung-tanggung cm main kopas ,,sungguh miris semoga ini menjdi pahala wat mas moel,,,salam sukses

    ReplyDelete
  59. makasih kang sangat membantu !! ^^

    ReplyDelete
  60. Gan, sebagai input pulse 1 Hz IC 4026 itu memakai IC 4060 + IC 4013 atau 4017 bisa ya, gan? Saya lihat gan di Google, banyak rangkaian 1 Hz IC 4060 berbeda komponen yg digunakan, maksudnya nilai resistornya beda-beda, dan ada yg menggunakan Capasitor Variable dan juga ada yg tidak. Itu yg saya lihat setiap blog seperti itu, tetapi yg mana yg cocok untuk saya, gan sebagai pulse clock 1 hz pada IC 4026. Saya sih maunya, gan, rangkaian IC 4060-nya tidak ada Capasitor Variable dan nilai resistornya kalau bisa 3.3M yg pling tinggi krna toko komponen listrik di daerah saya adanya pling tinggi 3.3M. Tapi saya lihat memang ada resistor 3.3M di rangkaian IC 4060 dan hasil outputnya 2 Hz dan dibagi lagi menjadi 2 yaitu menggunakan IC 4013 atau 4017 dan output akhirnya menjadi 1 Hz. Menurut pendapat agan, yg mana rangkaian IC 4060 yg saya tuliskan di atas, kalau sudah beritahu saya website-nya, gan.

    ReplyDelete
  61. Pernah coba. Dulu untuk akurasi detik gunakan jala pln 50 / 60 hz dengan 4017

    ReplyDelete
  62. mas cara membuat clock pulsenya gimana dan tempat baterai negatif dan positifnya dimana ??

    ReplyDelete
  63. Ini versi cut-down dari sini ya gan.. http://scopionz.blogspot.com/2012/07/24hr-clock-using-logic-ics.html :)

    Jika susah mendapatkan 4026 bisa diganti 4033.. tp perhatikan pin nya soalnya fitur sedikit beda.. pin no 3 ic 4026 utk enable display / menyalakan output ke 7-segment nya.. tidak pada ic 4033 https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_4000_series_integrated_circuits

    ReplyDelete
  64. Upload vidio nya yg dari awal bikinnya

    ReplyDelete
  65. Upload vidio nya yg dari awal bikinnya

    ReplyDelete
  66. gan kalau mau pasang tombol reset biar jam dan menit detik nya jadi nol lagi gmana?

    ReplyDelete
  67. Yang jual ic4036&4073. Svensegmen 1.5 inci.blas comen nya ya gan.dan pin bbm nya skalian. Nanti sya invite

    ReplyDelete
  68. makasih gan hehe ijin ambil skematik nya :D

    ReplyDelete
  69. Gan knpa menit saya mulai nya dari 1, bukannya 0, pas baru idup langsung 1, apa ada yg salah dengan gerbang AND saya ? Terimakasih

    ReplyDelete
  70. Gan, cara ngatur jam dan menitnya gmna??

    ReplyDelete
  71. gan alat ana udah jalan. rangkai na di atas ada yang ketinggalan gan. tolong d perbaiki lagi rangkai an nya. biar yang juga bisa sama2 berhasil gan

    ReplyDelete
  72. terima kasih inspirasi nya gan. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  73. gan mau tanya ane punya trafo nih 12v dan 6V 2Ampere outputnya kalo dikasih tegangan 6V bisa engga atau emang harus 5v? kalo bisa pake 6V apa saja komponen tambahannya thanks kirim via sms/whatsapp balasannya mas 089612229793 soalnya saya jarang on

    ReplyDelete
  74. Bang...mohon bantuannya...aku ambil signal dari mesin jam dinding tapi kenapa tidak bisa jalan detiknya...kalau pakai 555 detiknya bisa...mohon bantuan & pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. "@ibrahim.Untuk membuat jam ini (cmos ic),pertama buat dulu pulse 1khz dengan benar.Anda bisa menggunakan ic cd4060 dengan cd4013 (schematic cari di google)untuk xtal 32,768khz copot aja dari jam dinding tak dipakai,solder sedekat mungkin ke kaki ic.Dan output 1khz tes dengan led sebagai indikator,klo led berkedip artinya pulse 1khz sudah benar dan siap di gunakan.Biasanya setiap digit segment pakai satu ic 4026.Selamat mencoba.tubeh@hotmail.com

      Delete
  75. kak rangkaian yg saya buat persis banget ma yg diatas, ic555 nya disambungin kemana ja kak? soalnya saya make yg ic555

    ReplyDelete
  76. gan bleh minta kontaknya gak? saya lg buat ssuai dengan punya agan tpi ada kndala

    ReplyDelete
  77. Min Boleh Minta List Komponen buat PCB sama layout PCBnya ?? soalnya ane liat" di schematic yang di proteus kok ane masih bingung ya untuk komponen sama konversi ke Layout PCBnya??

    bisa di emailkan ke abrihan27samudra@gmail.com ??
    Thx :D

    ReplyDelete
  78. bisa pakai mesin jam dinding gak? kalau bisa, gimana caranya yah?
    pernah sih dapat referensi kalau menggunakan mesin jam dinding itu tinggal beli kapasitor 2N2222, dioda 1N4148, serta beberapa resistor tapi ane gak paham cara rangkainya... mohon pencerahan

    ReplyDelete
  79. Bang, mau nanyak. Gimana ya cara buat tambahan dengan suara(menggmenggu buzzer) sejam sekali hidup. Soalnya disuruh improvement ma guru

    ReplyDelete
  80. Detiknya sampai 60 baru dapat counter ke menit 1. Cara perbaiki nya gimana gan ?

    ReplyDelete
  81. Gan itu kok yang di scematic pake resistor banyak sedangkan yang di gambar rangkaian kok langsung bedanya apa ya?

    ReplyDelete
Don't be a Silent Reader!
Please leave your comments, critiques or suggestions.
Because your opinion means a lot for this blog :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel